On being intentional

Aug 29, 2016 by

in·ten·tion·al

/inˈten(t)SH(ə)n(ə)l/

adjective

done on purpose; deliberate.

Dalam bahasa Indonesia, intentional artinya “dilakukan dengan sengaja”. Dilakukan dengan alasan, dengan perhitungan, dengan suatu keinginan. Sebulan sebelum Nathan ulang tahun kedua, saya belajar banyak tentang kata ini. Bukan cuma untuk motherhood dan parenthood, tapi juga untuk hidup.

Dulu waktu Nathan masih lebih kecil, saya sering banget bikin mainan ini-itu buat dia. Hal-hal kreatif yang sengaja saya bikin karena toh ada banyak waktu luang. Dulu kan Nathan tidur siang lebih sering dan lebih lama. Sekarang sih boro-boro deh… tidur siang cuma 1x. Itu artinya kesempatan buat saya bobo juga atau ngelakuin kegiatan yang ‘me time’. Ditambah lagi Nathan sekarang bisa bilang, “Mami ayuk main” sambil datengin saya dengan tatapan ala Puss in Boots. Mana tahan ditolak… (kecuali kalo lagi masak) jadi bye-bye HP dan hal lain.

puss in boots

Saat main sama Nathan, saya jadi ngerti tentang ‘being intentional’ ini. Saat merasa bahwa saat saya main sama Nathan, yang Nathan ngerti adalah Mami dan Nathan bersama = Mami sayang sama Nathan. Super simple. Saya ngeliat bahwa di hari-hari yang saya gak terlalu spent waktu sama dia, Nathan pasti jadi lebih manja. Ada aja yang dijadiin alesan supaya dia bisa nempel. Tapi di hari saya meluangkan waktu buat dia, main bareng walaupun cuma sebentar, dia jadi lebih mandiri. Lucu ya, berbanding terbalik kan.

 

Saya belajar kalo di dalam hidup saya juga harus intentional. Ada hal yang harus diusahakan dan bahkan harus dipaksakan. Kalo kata pastor saya, “hal yang baik harus diusahakan, karena hal yang buruk akan tumbuh dengan sendirinya”. Seperti kebun, kalo gak dirawat akan ditumbuhin rumput liar yang bikin kebun jadi jelek. Hal-hal yang baik harus dikerjakan.

I have to be intentional with my kids. What values do they need to have? What do they need to learn?

I have to be intentional on being a wife. How can I support my husband? What does my husband need to hear today?

I have to be intentional with my home. How can I make this house a home for my family?

I have to be intentional with my faith. Have I invested enough time to grow my faith? How is my relationship with God?

I have to be intentional on my life. I have to intentionally water it so it may grow and be fruitful.

Related Posts

Tags

Share This

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current day month ye@r *